Tips Berjualan di OLX


Sebagai penjual, saya berhasil menjual lebih dari 100 item via OLX. Baik ketemuan (COD), via transfer atau rekening bersama (Rekber).  Sebanyak 95% barang berhasil dijual. Barang  yang sudah saya jual, mulai berupa sampah sampai rumah berharga puluhan juta. Rekor tercepat penjualan adalah 5 menit Sold Out. Sedangkan penjualan terlama yaitu 2 minggu karena menjual/sewa rumah.

Sebagai pembeli, saya pun sering menghubungi dan membeli barang dari para pemasang iklan. Alhamdulillah sampai saat ini tidak pernah tertipu dan barang baik sesuai iklan.  Mereka mengiklankan sudah sejak 2 sampai 3 minggu yang lalu namun belum laku-laku. Padahal barangnya bagus lho. Berarti ada yang salah dari iklan mereka.

Berikut ini adalah rahasia pribadi agar laku jualan via OLX:

  1. Kata kunci lengkap dan tepat
    Kata yang dicari pembeli seharusnya ada di judul iklan anda. Habiskan jatah karakter yang disediakan agar terisi dengan kata-kata kunci. Biar saja iklan tidak enak dibaca namun terbaca oleh mesin pencari di OLX.
  2. Foto yang lengkap dan menarik
    Ini yang penting, karena gambar jauh lebih berbicara dibanding kata-kata. Usahakan foto tajam, tidak glare, fokus, warna cerah, detail dll. Ilmu fotografi sangat bermanfaat disini. Tentu saja kualitas camera harus mendukung. Tidak perlu resolusi tinggi, cukup 2 MB dan 3 MB Pixel saja. Tersedia 8 slot untuk gambar, untuk itu pasang foto 4 sampai 8. Kalau cuma satu, bakal kelihatan anda penjual yang malas dan tidak serius
  3. Harga
    Ada kebanggaan tersendiri jika berhasil menawar harga sampai terendah bukan? Itulah budaya masyarakat kita. Untuk barang baru memang sulit ditawar, tapi kalau barang bekas pasti calon pembeli selalu tawar harga. Untuk itu kita harus memasang harga sedikit lebih tinggi untuk antisipasi, namun jangan terlalu tinggi karena bisa kalah bersaing.
  4. Jujur
    Tentu saja anda harus jujur terhadap calon konsumen. Karena jika anda berbohong, maka mereka bisa saja menyebarkan nomor kontak, wajah, alamat sebagai penipu di grup2 pada media sosial
  5. Plus Minus atau Minus Plus?
    Jelaskan Plus dan Minusnya. Sebaiknya jelaskan minusnya terlebih dahulu lalu plusnya agar terkesan baik alias happy ending.
  6. Spesifikasi utama
    Sebutkan spesifikasi barang anda secara lengkap jika bisa. Jangan suruh pembeli untuk googling. Lebih baik anda saja yang googling untuk diinfokan ke calon pembeli. Tidak perlu 100% lengkap, cukup yang utamanya saja.
  7. Sertakan alamat lengkap tempat anda
    Cantumkan alamat COD secara lengkap dengan nama jalan/gang dan nomor rumah. Jika dicantumkan daerahnya saja, calon pembeli akan terus bertanya sampai detail sehingga buang2 waktu dan energi saja. Alasan tidak mau mencantumkan alamat lengkap mungkin penjual takut di datangi penipu atau penjahat. Tetapi penjahat bisa saja pura-pura menjadi pembeli setelah chatting. Sama-sama beresiko bukan? Dengan dicantumkan alamat lengkap dan detail, maka calon pembeli lebih percaya dibanding COD di pinggir jalan.
  8. Contact 
    Di OLX disediakan fitur SMS dan Chat sehingga memudahkan komunikasi kedua pihak pada awalnya. Infokan bahwa anda siap dihubungi via SMS. Whatsapp, Inbox atau Call. Jika anda tidak mau dihubungi via sms, kesannya penjual kurang modal, kere bin pelit untuk beli pulsa. Biarlah calon pembeli menghubungi anda sebagai penjual dengan berbagai cara. Untuk selanjutnya lebih murah dan efektif jika komunikasi dilanjutkan melalui Whatsapp.
  9. Response Time
    Kecepatan menjawab / merespon sangat berpengaruh terhadap penjualan barang. Calon pembeli bisa jadi memilih barang mahal karena respon cepat dari penjualnya daripada barang murah tapi lambat / tidak direspon sang penjual.
  10. Top Posting
    Untuk anda yang cukup modal bisa saja menggunakan fitur berbayar seperti label istimewa, background kuning dan top posting. Namun beberapa pengguna OLX yang aktif mengetahui trik tersebut dan menghindari produk tersebut karena cenderung mahal

Tips ini berlaku juga jika memasang iklan di Facebook, Instagram, Line, Youtube dll, Namun jika memasang di Tokopedia dan bukalapak, lupakan point 7,8 dan 10.

Setelah segala upaya anda lalui dengan sungguh-sungguh, langkah selanjutnya adalah berdoa semoga barang anda terjual dan pembeli puas sehingga menguntungkan kedua pihak. Semoga bermanfaat. Happy Selling!

Ini contoh iklan yang pernah saya buat. terjual 15 menit setelah pasang di OLX

olx jualan

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s