Saatnya beralih ke Windows 8.1 (bukan Win 10) dari Windows 7


Ini alasan mengapa pengguna Windows 7 lebih baik berpindah ke Windows 8.1, dan bukan ke Windows 10.

Setelah bertahun-tahun saya betah di Windows 7, kini beralih ke Windows 8.1. Sebelumnya saya menginstall juga Windows 10, namun karena alasan berikut ini, saya memutuskan ke Windows 8.1. Perlu diketahui Windows 8 dan 8.1 memiliki perbedaan besar dan mendasar. Kita tidak perlu menginstall Windows 8 yang nasibnya sama seperti Windows ME (Millenium Edition) dan Windows Vista yang dianggap gagal.

DVD Win8

Berikut ini alasan anda sebaiknya beralih dari Windows 7/XP ke windows 8.1:

  1. Proses boot / Startup Windows yang sangat cepat, bahkan jika dibandingkan dengan Windows XP sekalipun. Di PC yang sama, start Windows 7 membutuhkan waktu 50 detik, sedangkan di Windows 8.1 hanya 15 detik saja ! Selisih 35 detik yang sangat signifikan. Apalagi jika menggunakan Drive SSD maka startup Windows 8.1 hanya 6 detik! Amazing.
  2. Begitu juga proses Shutdown yang lebih cepat.
  3. Memory Resource yang kecil. Dibandingkan Windows 7 dan Windows 10, memory /RAM yang dibutuhkan lebih kecil meski tidak terlalu jauh bedanya, sekitar 100-200 MB. Tapi lumayan kan?
  4. Driver chipset motherboard, soundcard, ethernet, USB3 dan VGA tipe tertentu sudah disiapkan sehingga tidak perlu lagi mencari-cari CD/DVD driver. Namun khusus driver VGA sebaiknya anda menggunakan driver terbaru yang disediakan di website pembuatnya.
  5. Kompatibilitas dengan software2 terdahulu masih baik. Tidak seperti Windows 10 yang securitynya sangat ketat dan  kurang bersahabat dengan software / game sebelum tahun 2010.
  6. Crack /Hack /Patch friendly. Di Windows 8.1 masih leluasa untuk para pembajak software. Jika anda menggunakan Windows 10 kemungkinan besar tidak berhasil, karena Windows 10 untuk orang – orang bersih dari pembajakan.
  7. Anti virus yang ampuh. Software2 di harddisk anda akan terdeteksi virus yang tidak terdeteksi di anti virus lain. Anti Virus bawaan Windows 8.1 tidak memperlambat sistem dan tidak menghabiskan memory. Sehingga anda tidak perlu lagi menginstall anti virus apapun.
  8. Yang lebih hebat lagi adalah Internet Explorer yang super kencang. Saat menjalankannya langsung membuka halaman depan seketika! Tidak seperti IE terdahulu apalagi Firefox yang lambat. Chrome juga kalah cepat dengan IE Windows 8.1. Lebih hebat lagi, anda tidak perlu lagi memasang IDM, Adblock dan Smooth Scrolling karena sudah include di dalamnya.
  9. Di Explorer terdapat Ribbon bar seperti pada Office 2007, Navigane Pane yang hemat ruang, ukuran Title bar yang tidak terlalu besar dibanding Windows 10.
  10. Transparancy Desktop di Windows 7 digantikan dengan Metro UI yang lebih cepat dan tidak banyak masalah jika sering bolak balik buka aplikasi dan game.

…Dan masih banyak lagi….. semoga pengguna Windows 10 tidak tersinggung, jika tidak setuju silakan komen…

 

 

 

 

3 pemikiran pada “Saatnya beralih ke Windows 8.1 (bukan Win 10) dari Windows 7

  1. Terimakasih ^^
    saya pemakai windows 8.1, hehehe

  2. Waah bisa dicoba nih.. saya pengguna windows 7

  3. betul banget. saya update ke Windows 8.1 setelah Windows 8 crash. sampai saat ini, browsing tetep pakai IE, tanpa antivirus. OS boleh Windows, tapi isi open source. hehehe. BTW, saya pakai instalasi asli alias no bajak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s