Export Vector SVG 2D Coreldraw ke Blender 3D


Terus terang menggambar 2D di Blender sangat merepotkan,  minim fitur alias tidak canggih, tidak seperti software vector 2D seperti Coreldraw atau Adobe Illustrator yang sudah sangat familiar.

Masalahnya, jika anda meng-Export file format SVG dari Coreldraw / Adobe Illustrator ke Blender, apa yang terjadi? Seakan tidak ada object yang tampil di Blender, namun sebenarnya ada cuma kecil sekali sehingga harus memperbesarnya / Scale lagi. Namun jika anda men-Scale objek 2D yang sangat kecil di Blender, maka jika anda extrude hasilnya perubahan ketebalan terlalu extrim dan cukup merepotkan dengan angka 4 digit di belakang koma.

blender-export-vector3

Lalu bagaimana dong solusinya? Untuk itu perbesar objeknya 50 x lebih besar alias 5000%! Wow besar amat!. Anda bisa juga menggunakan nilai lebih besar. Coba deh export ulang ke SVG.

blender-export-vector4

Di Blender , import SVG tersebut , hasilnya seperti gambar di bawah ini. Terlihat object dari Corel sudah terlihat cukup besar jelas.

blender-export-vector5

Jika objek 2D tersebut diatur parameter Extrude dan Bevelnya, maka perubahan ketebalannya tidak extrim lagi dan mudah diatur. Sekian. Salam ….Hendi Hendratman www.hendihen.com

blender-export-vector6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s