Meningkatkan Kualitas Gambar Playstation 2 (PS2) di TV LED


Meski kini sudah ada Game Console Playstation 3 (PS3) dan PS4, namun Console Playstation PS2 masih tetap terbanyak dimiliki karena murah, game yang variatif, mudah didapat dan ukuran file ISOnya relatif kecil (antara 500 MB sampai 4,5GB)

lg

Seiring perkembangan teknologi, Televisi tabung sudah mulai ditinggalkan. Padahal PS2 kualitas gambarnya bagus jika Televisi tabung 21 inch ke bawah. Kini masalahnya jika memainkan game PS2 di Televisi LED 32 inch ke atas, tampilannya sangat mengecewakan, terlihat gambar buram (blur), teks tidak jelas, warna pucat, cahaya kurang kontras, Objek 3D terlihat kasar (jaggies). Sehingga mata mudah lelah dan bermain game jadi kurang mengasyikan.

Tentu untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik di TV LED, adalah dengan menggunakan Playstation 3 atau Playstation 4. Itu sih semua orang tahu….

Yang ingin dibahas disini adalah memanfaatkan PS2 anda agar kualitas gambarnya menjadi lebih baik pada Televisi LED. Solusinya mudah saja, ganti kabel Composite / AV / RCA (warna merah putih kuning) menjadi kabel Component (warna merah, putih, merah, hijau, biru). Untuk mendapatkan kabel tersebut mudahnya cari di Bukalapak, Tokopedia, Lazada dll, harganya sekitar 50 ribuan.

kabel

Hasilnya: WOW! Warna lebih cerah dan detail, game2 jadi lebih terasa 3 Dimensinya, Texture lebih detail, Objek-objek 3 DIMENSI jadi terlihat lebih tajam karena kabel tersebut support resolusi tinggi (HD & FullHD). Jadi serasa punya PS3! Lihat perbedaannya pada gambar di bawah ini.

ps2 comp vs

Di Televisi LED, atur pengaturan Aspect Ratio menjadi 14:9 agar tampilan lebih besar dan gambar tetap proporsional / tidak gepeng.

Tapi bagaimana jika Televisi LED anda tidak memiliki colokan Component? Caranya dengan menggunakan colokan HDMI. Dengan kabel HDMI gambar lebih baik sedikit dibanding kabel Component. Namun harga Converter PS2 ke HDMI cukup mahal, yaitu sekitar 250 ribuan.

ps2hdmi

Itu saja tips agar tampilan PS2 jadi lebih baik pada Televisi LED. Hanya bermodalkan 50rb saja, mata anda akan dimanjakan dengan tampilan game PS2 yang cerah, bening dan tajam.

Selamat bermain…

15 pemikiran pada “Meningkatkan Kualitas Gambar Playstation 2 (PS2) di TV LED

  1. mau tanya gan, td saya baru beli kabel component nya tp kok setelah saya pasang gambar nya dominasi hijau ya, warna sih jd jernih tp warna kuning mlh jd orange, hijau jd pudar. tolong pencerahan nya gan.

  2. Haii gan..
    Aq punya prblm nih polytron LED Polytron cinemax 32 inch..
    Gini..colokan cabel (merah,putih,kuning) yg dari Ps2 kok kagak bisa masuk yaaa keTv aq..???
    Tolong solusinya gan..
    Thnks

  3. Aku punya tv led ini mas tp kalau buat main game pes warnanya hitam putih ya

    • Biasa nya untuk tv merk sharp kalo mw maen game bola harus merubah pngaturan pada game nya,biasa ada di awal yg td ny 60hz dirubah jd 50hz,insya Allah jd berwarna…

    • Ko sama ya bro
      Tv’a merk apa ?
      Trs skrg udh bisa blm ??

  4. gan mau tanya, caranya buat tampilan di tv led kalau main ber 2 supaya gambar atas sama bawah rata gimana gan ??

  5. Gan ane mau nanya ni?kok waktu ane maenin ps2 ditv tabung kok layar samping sama bawah nya kepotong dikit gan pokoknya kgak fullscreen lah?mohon dibantu ya gan

    • Sama T.T punya saya juga, tapi yang layar kirinya ke bawah layar kanannya ke atas, miring gitu

  6. Gan mau minta solusi ni.. kok tv led gua setelah di pasang kabel komponen warnanya abu2 gan gimana tu.. tv ane crystal gan

  7. Maaf sblumnya gan sybmau nanya.. kok ps2 aku gak bisa main di TV LED aku.. padahal aku sudah pake cable camponent… Masalahnya TV LED yg sy punya cuma punya 1tempat colokan cable camponenya yaitu Merah,putih,hijau,biru,merah ini colokan input..trus tempat colokan output nya gak ada.. mohon sarannya

  8. Maaf sblumnya gan sy mau nanya.. kok ps2 aku gak bisa main di TV LED aku.. padahal aku sudah pake cable camponent… Masalahnya TV LED yg sy punya cuma punya 1tempat colokan cable camponenya yaitu Merah,putih,hijau,biru,merah ini colokan input..trus tempat colokan output nya gak ada.. mohon sarannya

  9. Master 2 saya ada problem ne. Tv saya led LG 32 .pake kabel yg 3 warna colok game nya teken 5 .bola . Wrc balap. Kok gambar nya gak ada warna. Trus saya ganti dgr saran dari internet pake kabel komponen. Masalahnya ada warna tapi tv nya jadi kyk bergaris warna gtu. Gmn solusinya mohon pencerahannya .semua letak kabel sudah pas.

Tinggalkan Balasan

