48 Jam bersama Windows 8


Setelah terbiasa menggunakan Windows XP & Windows 7, pada suatu kesempatan penulis menginstall dan akan migrasi ke  Windows 8 Professional Edition 64bit di Komputer dengan Spek AMD Athlon X3 3,2GHz, RAM 4GB, Vga ATI Radeon 6600, Harddisk 500GB.  Berikut review & komentar berdasar pengalaman saya:

Hal Positif:

  • Proses Instalasi sangat cepat dan mudah! Sejak selesai format drive C, 10 menit kemudian langsung masuk desktop dengan driver yang otomatis terinstall lengkap. Namun pada beberapa komputer spek tertentu khususnya laptop perlu install driver secara terpisah.
  • Waktu booting / StartUp luar biasa cepat! Setelah deteksi hardware & bios, hanya perlu waktu 7 detik saja untutk masuk ke tampilan metro dengan kotak-kotak khasnya. Begitu pula proses Shutdown, cuma perlu 5 detik! Benar-benar kemajuan signifikan dari sebuah sistem operasi!
  • Buka & Tutup Software lebih cepat dan responsif.
  • Anda akan selalu update informasi karena fasilitas internet (chatting, news, social media, internet explorer  dll) tersedia semakin mudah.
  • Hemat RAM! Dengan spek RAM 4GB, jumlah memory yang dipakai sekitar 700-800MB, lebih hemat dari Windows 7 namun lebih boros dari Windows XP.
  • Hemat Space Harddisk. Di folder C:\Windows memerlukan ruang 9 GB. Sebagai perbandingan Windows 7 Ultimate memerlukan 15 GB.
  • Tampilan warna dan animasi Metro yang kotak-kotak sangat mulus. Anak-anak akan suka menggunakannya.
  • Driver Compatible dengan Windows 7

Hal Negatif:

  • Boros ruang  kerja: Tampilan Metro dengan kotak-kotak yang besar akan memboroskan ruang monitor. Sehingga anda perlu menggunakan monitor dengan resolusi FullHD (1920×1080 pixel) agar tidak banyak scroll layar. Bisa saja icon terlihat kecil namun perlu klik icon di kanan bawah layar. Misal jika klik icon games di metro, maka jendela berubah fullscreen dan hanya tampil beberapa game yang harus online.
  • Dualisme Interface:  Dengan adanya desktop metro dan desktop standar (kiri bawah layar) akan membingungkan pemakai. Pengguna layar sentuh dan mouse disatukan sehingga tangan kanan anda akan bolak-balik  antara menyentuh layar dan  mouse. Jika menjalankan aplikasi dari metro akan selalu menuju tampilan standar lalu baru masuk tampilan aplikasinya, aneh!
  • Icon acak-acakan!: Jika banyak software yang diinstall maka dektop metro  penuh dengan icon-icon sampah berukuran besar (lihat gambar). Memerlukan pekerjaan tambahan untuk merapikan icon-icon tsb.
  • Minim Kustomisasi: Jangan harap anda bisa berkreasi merubah warna, transparansi, ukuran Title bar, menu, padding, Scrollbar di jendela explorer. Yang tersedia hanya merubah ukuran font saja.
  • Keamanan ketat:  Lho, kan bagus kalau aman? Ya, tapi saking amannya, anda tidak bisa menggunakan Crack, Patch untuk software tertentu. Akan ada peringatan ‘Aplication Error’ atau ‘not Responding’  meskipun tingkat keamanan telah diatur seminim mungkin dan user sebagai Administrator. Diperlukan lagi koneksi ke internet untuk bisa membuka akses ke User dan setting windows tertentu.
  • Aplikasi lama tidak bisa di-Install. penulis mencoba menginstall 3D Studio Max 6 & 9,  Adobe CS3, Coreldraw X3 tetapi gagal!  Muncul  peringatan ‘Aplication Error’ dan Requierd Ms Framework 3.5′
  • Kemungkinan besar Game-game lama tidak  jalan, khususnya game-game online. (Ini menurut user lain yang pernah menggunakan windows 8.)

Itu pengalaman pribadi sementara ini yang bersifat subjektif. Kemungkinan berbeda pada spek komputer dan Release Windows 8 tertentu. Dengan pengalaman tersebut penulis akhirnya kembali ke Windows 7 setelah 2 hari menjajal Windows 8. Kini semua berjalan normal dan lancar di Windows 7.  Sepertinya Microsoft harus menyempurnakannya di versi Windows 9. Jika tidak nasibnya sama seperti Windows ME dan Windows Vista yang tidak laku dan berumur pendek.

2 pemikiran pada “48 Jam bersama Windows 8

  1. Maaf pak, ada kesalahan,
    Bukannya Icon Bisa diatur, dan Warna juga transparansi biasa diubah
    Sekian,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s