Flash vs Director


Saat ini pengguna Adobe / Macromedia Flash jauh lebih banyak dibanding  Adobe / Macromedia  Director, padahal Macromedia Director lahir lebih dulu (1984) daripada Macromedia Flash (1993). Popularitas Director semakin menurun dibanding Flash karena teknologi flash (*.swf) merupakan bagian dari Internet seperti (animasi iklan banner, tombol rollover dan video di Youtube). Untuk menilai mana yang lebih baik antara Flash dan Director, akan sulit menjawabnya, sama halnya seperti membandingkan Photoshop dan Illustrator. Karena keduanya saling mengisi kekurangan bukan untuk saling menjatuhkan. Agar lebih jelas dan objektif, berikut ini sekilas perbandingan antara Flash dengan Director di versi yang sama. Untuk pemrograman, macromedia Director menggunakan bahasa Lingo, sedangkan Flash dengan Action Script. Contoh tutorial director lengkap ada di buku best seller  The Magic Of Macromedia Director. Buku tsb ada di toko buku gramedia, gunung agung dll. Jika kesulitas mendapatkannya bisa langsung order / pesan di toko buku online penulis buku komputer Hendi Hendratman

Perbandingan macromedia Flash / Adobe dan Macromedia / Adobe Director

Perbandingan macromedia Flash / Adobe dan Macromedia / Adobe Director

7 pemikiran pada “Flash vs Director

  1. gan kenapa waktu bikin file projector.exe yang isinya file W3D dalam project macromedia directornya ketika file exe nya aku jalanin tiba-tiba nge- close sendiri ya ????? tak coba bikin file exe nya tetap aja gitu… ada solusi gak ??

  2. mas, minta script buat 3d game world dari robotduck dong, saya udah nyari tapi ga ketemu, maklum saya minjem bukunya jd ga dapet cdnya deh ehehe, kirimin ke email saya mas fahrysyihabudin@yahoo.com

  3. mas, saya kok seperti bingung membaca tulisan di atas ya

  4. mas hendi, bikin halaman yang berisi kumpulan script untuk macromedia director donk. di buku nggk ngulas banyak tentang scriptnya nih.

  5. Mas Hendi, apakah ada rencana menerbitkan buku The Magic of Flash ?

  6. pak saya ini pemula cara menggerakan gambar 3d di macromedia direktor gimana??? mohon bantuannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s